Bandung (ANTARA News) - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menyampaikan duka cita yang mendalam atas wafatnya dalang populer H. Asep Sunandar Sunarya yang dinilainya sebagai sosok seniman besar dan agamis.

"Almarhum ialah seniman yang disamping menyuarakan seni keindahan juga meyuarakan agama, menyuarakan kebaikan dan kebenaran," demikian Aher dalam siaran persnya, Minggu.

Ia mengemukakan, selama setahun penuh pada 2012 dirinya membuat program Gubernur Saba Lembur yang melibatkan Asep Sunandar Sunarya.

"Dari sanalah kami bertemu dengan ribuan masyarakat, menyapa masyarakat, dan melakukan sosialisasi pembangunan," catatnya.

Menurut dia, kabar meninggalnya maestro dalang wayang golek khas Jawa Barat itu membua dirinya merasa kehilangan.

Asep Sunandar Sunarya meninggal pada Senin ini di Rumah Sakit Al-Ihsan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, sekira pukul 14.40 WIB.

"Sangat luar biasa kenangan saya dengan beliau. Saya merasa sangat kehilangan, tapi itulah kehendak Allah, kehendak Yang Maha Kuasa. Mudah-mudahan keluarganya diberi ketabahan dan kesabaran," demikian Aher.

Atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Aher juga mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya, dan berharap akan hadir dalang-dalang sehebat Asep yang pemahaman seni dan agamanya tinggi.

"Tentu saja masyarakat Jabar sangat merasa kehilangan seniman besar yang agamis," catatnya.

Ahmengungkapkan, sejak kecil mengenal dan menyukai wayang, namun baru mengenal sosok Asep Sunarya secara mendalam setelah dirinya menjadi Gubernur Jabar, dan banyak mendapat dukungan menjalankan program pembangunan dari sang dalang kondang. (*)