Home » » Coblos 2 Caleg dari 1 Partai, Suara Tetap Sah

Coblos 2 Caleg dari 1 Partai, Suara Tetap Sah

Dipublikasikan Oleh Mawardi Ardi pada Sabtu, 01 Maret 2014 | 14.05



depoknews.com | Komisi Pemilihan Umum (KPU) berharap pada Pemilu Legislatif 9 April 2014 tidak ada suara pemilih yang terbuang sia-sia. Oleh karena itu, KPU menggap sah jika ada pemilih mencoblos 2 calon legislatif (caleg) dalam 1 partai.
“Selama coblosannya (caleg) masih dalam 1 partai, maka suaranya diberikan ke partai,” kata Komisioner KPU Sigit Pamungkas di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (28/2/14) seperti dikutip liputan6.com.
Menurut Sigit, cara tersebut sebagai konsekuensi dari pemilu dengan sistem proporsional terbuka yang disepakati pada Pemilu 2014. Kesalahan administrasi yang dilakukan pemilih tetap harus dijamin hak konstitusinya, begitu juga dengan hak suara partai politik.
“Jadi yang kita pakai prinsip pertama kedaulatan rakyat harus dijaga,” ujar Sigit.
Dia menambahkan, belajar dari Pemilu 2009 lalu, sebanyak 14 juta suara pemilih terbuang sia-sia karena dianggap tidak sah berdasar aturan yang diterapkan. Aturan itu antara lain, pemilih yang memilih 2 caleg dalam satu partai dinyatakan tidak sah.
Sigit menyayangkan, bila suara pemilih banyak yang hilang karena sistem yang terlalu memberatkan. Padahal, tugas KPU dituntut untuk meningkatkan partisipasi pemilih semakin bertambah.
“Satu sisi mendorong partisipasi, tapi dengan mudah menegasikan suara mereka dengan teknis administrasif, padahal pilihan mereka untuk individu (caleg) atau calon tertentu,” pungkas Sigit.
(l6/dn)
Share this article :

Kiprah Kader PKS

Arsip lain Kategori ini »

KOLOM OPINI

Arsip lain Kategori ini »

KOLOM INSPIRASI

Arsip lain Kategori ini »

KUMPULAN KULTWEET

Arsip lain Kategori ini »
Published by : PKS Dau ~ Indonesia
Copyright © 2013. PKS Dau ~ Indonesia - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger