Home » » Sikap seorang Kader

Sikap seorang Kader

Dipublikasikan Oleh Mawardi Ardi pada Jumat, 31 Januari 2014 | 08.35



Hidup dalam jamaah merupakan sebuah keharusan, orang yang tidak berjama'ah ibarat domba yang lepas dari kawaanan yang setiap saat bisa diterkam oleh serigala. Hal positi yang bisa diambil dari hidup berjama'ah adalah saling bertaausiyah jika ada hal-hal yang bertentangan dengan perintah Allah. Selaian itu saling bertausiyah merupakan perintah Allah dalam surat al 'Asr  . Tulisan berikut ini memaparkan secara singkat hal yang bisa diambil dari hidup dalam jama'ah. Tausiyah disampaikan oleh ust. Fahrizal lewat group WhatsApp. 

Ada satu istilah dalam tarbiyah dzatiyah, yaitu istilah 

“kader perlu mengambil manfaat dari program jamaah untuk mentarbiyah dirinya”

Gambarannya: sebagus apapun program jamaah, jika individu yang mengikuti program tersebut tidak ada usaha untuk mengambil hal-hal positif untuk mengembangkan dirinya, maka program jamaah tersebut tidak ada gunanya, bahkan bisa jadi program jamaah itu menjadi beban bagi individu tersebut.

Hal ini telah dibuktikan oleh sejarah. Kita lihat istri Nabi Nuh `alaihis salaam, dia tidak bisa mengambil hal positif dari suaminya yang seorang nabi, begitu juga nabi Luth. Padahal kedua nabi ini sudah habis-habisan melaksanakan dakwahnya. Abu Thalib, paman Nabi Muhammad shallallaahu `alahi wasallam, juga tidak bisa mengambil manfaat dari kebaikan anak saudaranya Nabi Muhammad shallallaahu `alahi wasallam, padahal Nabi Muhammad shallallaahu `alahi wasallam telah habis-habis menda`wahinya hingga akhir hayatnya.Orang munafiq di Zaman Nabi Muhammad shallallaahu `alahi wasallam, mereka ini hidup bersama nabi, melihat dengan mata kepada mereka sendiri akan bukti kebenaran yang di bawa oleh Nabi Muhammad shallallaahu `alahi wasallam, tetapi itu semua tidak membuat mereka beriman kepada Allah subhaanahu wa ta`aala.Inilah sebetulnya contoh orang-orang yang gagal, gagal mengambil sesuatu yang baik dari orang yang ada disekitarnya, dari program yang baik yang ada di sekitarnya, dan kita tidak ingin menjadi orang-orang yang gagal.Karen itu setiap kader perlu mengambil hal positif dari lingkungan tarbiyah, untuk mentarbiyah dirinya menjadi lebih baik
Share this article :

Kiprah Kader PKS

Arsip lain Kategori ini »

KOLOM OPINI

Arsip lain Kategori ini »

KOLOM INSPIRASI

Arsip lain Kategori ini »

KUMPULAN KULTWEET

Arsip lain Kategori ini »
Published by : PKS Dau ~ Indonesia
Copyright © 2013. PKS Dau ~ Indonesia - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger