Home » » Nasehat tentang Hasad

Nasehat tentang Hasad

Dipublikasikan Oleh Mawardi Ardi pada Sabtu, 25 Januari 2014 | 10.47

Taujih ini disampaikan oleh ustadz. Fahrizal M.Kohar dari Malaysia via Whatsapp, selamat menyimak. Taujih beliau mengingatkan kita tentang Hasad atau dengki seperti apakah dengki itu? berikut tulisan beliau  Jika seseorang menginginkan agar nikmat yang didapat oleh orang lain hilang dan lenyap, inilah adalah HASAD, dan wajib dihindari. Karena hasad yang seperti ini tidak saja berbahaya bagi orang yang di hatinya ada sifat hasad, akan tetapi juga bisa membahayakan orang lain. Karena itu Allah memerintahkan kita untuk berlindung dari orang yang hasad apa bila ia melakukan tindakan-tindakan yang bisa membahayakan orang lain karena dorongan sifat hasad yang ada di dalam hatinya. Allah berfirman:

وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

Aku berlindung dari kejahatan orang yang hasad, apabila ia melakukan tindakan-tindakan disebabkan penyakit hasad yang ada di dalam hatinya.

Hasad juga bisa memakan kebaikan sebagaimana api memakan kayu, sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah shallallaahu `alaihi wa sallam

إِيَّاكُمْ وَالْحَسَدَ, فَإِنَّ اَلْحَسَدَ يَأْكُلُ اَلْحَسَنَاتِ, كَمَا تَأْكُلُ اَلنَّارُ اَلْحَطَبَ (رواه أبو داود
)

Sekali lagi HASAD yang seperti ini wajib dihindari.Di sisi yang lain,  ada yang HASAD yang dianjurkan, Rasulullah shallallaahu `alaihi wa sallam bersabda:

لا حسد إلا في اثنتين: رجلٌ آتاه الله القرآن فهو يقوم به آناء الليل وآناء النهار ورجلٌ آتاه الله مالاً فهو ينفقه آناء الليل وآناء النهار (رواه البخاري ومسلم)

Tidak ada hasad kecuali pada dua perkara: seseorang yang Allah berikan kepadanya al-Qur`an, kemudian mereka membacanya siang dan malam, dan seseorang yang Allah berikan kepadanya harta dan menginfakkannya siang dan malam (HR. Bukhari dan Muslim)
Kita hasad kepada dua orang ini, sebagaimana Allah telah memberikan kepada mereka al-Qur`an dan senantiasa dekat dengan al-Qur`an dalam setiap kesempatan, kita ingin juga demikian. Kita hasad kepada orang yang dimudahkan oleh Allah dala m hal harta dan menginfakkannya di jalan Allah dalam setiap kesempatannya, kita hasad bagaimana hal itu bisa juga kita lakukan.
Sumber gambar  http://mhafezsabri.wordpress.com
Share this article :

Kiprah Kader PKS

Arsip lain Kategori ini »

KOLOM OPINI

Arsip lain Kategori ini »

KOLOM INSPIRASI

Arsip lain Kategori ini »

KUMPULAN KULTWEET

Arsip lain Kategori ini »
Published by : PKS Dau ~ Indonesia
Copyright © 2013. PKS Dau ~ Indonesia - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger