Home » » Aher dan Ridwan Kamil Kompak Galakkan Budaya Bersepeda

Aher dan Ridwan Kamil Kompak Galakkan Budaya Bersepeda

Dipublikasikan Oleh PKS Dau pada Senin, 04 November 2013 | 13.49

Gubernur Jawa Barat H. Ahmad Heryawan dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil kompak untuk menggalakan budaya bersepeda bagi warga Kota Bandung dalam rangka mengatasi kemacetan di Kota Kembang.

"Kami sudah memulai dengan Jumat Bersepeda, itu bukan hanya bagi PNS tapi semangat itu seyogyanya diikuti oleh warga Kota Bandung," kata Gubernur Jawa Barat H. Ahmad Heryawan di Bandung, Senin (4/11).

Menurut Gubernur, budaya bersepeda di Kota Bandung dan di sejumlah kota besar akan dihidupkan kembali dalam rangka mengentaskan permasalahan lalu lintas dan juga mengurangi polusi kota. Ia menyebutkan, jumlah kepemilikan sepeda di Kota Bandung cukup tinggi. Diharapkan sepeda tidak hanya digunakan untuk kegiatan rekreasi atau olahraga semata, namun juga bisa digunakan ke tempat kerja.

"Sebagian warga Bandung telah memulainya, dan yang lainnya ditunggu partisipasinya. Bersepeda itu sehat dan elegan untuk berangkat ke tempat kerja, bike to work," kata Heryawan.

Hal senada juga diungkapkan oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Wali Kota muda Kota Kembang itu merupakan salah seorang penggiat bersepeda. Bahkan saat memangku jabatan wali kota, ia selalu menggunakan sepeda warna biru kesayangannya untuk pergi ke kantornya di Balai Kota Bandung.

"Saya kira tinggal menunggu waktu saja warga Bandung membudayakan bersepeda, Pemkot Bandung akan memfasilitasinya dengan membuatkan jalur khusus sepeda dengan lapisan berkualitas sehingga tahan lama," kata Ridwan Kamil.

Salah satu kesungguhannya adalah dengan membangun shelter-shelter sepeda di sejumlah titik di Kota Bandung yang bisa dipergunakan untuk umum. Baik Pemprov Jabar maupun Pemkot Bandung, telah memulai gebrakan bersepeda itu melalui Jumat Bersepeda. Halaman parkir Kantor Gubernur di Gedung Sate maupun Balai Kota Bandung bebas kendaraan bermotor setiap Hari Jumat.

Hanya sepeda yang bisa masuk ke kompleks perkantoran pimpinan kepala daerah itu. Setiap pintu gerbang dijaga oleh petugas keamanan internal yang mengarahkan kendaraan bermotor parkir di luar areal perkantoran. "Kami komitmen untuk menjadikan Bandung Lautan Sepeda," kata Gubernur Heryawan ketika disampaikannya dalam sepeda santai di kawasan Tegalega Kota Bandung. [ROL]
Share this article :

Kiprah Kader PKS

Arsip lain Kategori ini »

KOLOM OPINI

Arsip lain Kategori ini »

KOLOM INSPIRASI

Arsip lain Kategori ini »

KUMPULAN KULTWEET

Arsip lain Kategori ini »
Published by : PKS Dau ~ Indonesia
Copyright © 2013. PKS Dau ~ Indonesia - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger