Home » » Suswono Kecewa harga Daging Sapi masih Tinggi, meski Impor jadi Kewenangan Tunggal Kemendag

Suswono Kecewa harga Daging Sapi masih Tinggi, meski Impor jadi Kewenangan Tunggal Kemendag

Dipublikasikan Oleh PKS Dau pada Selasa, 13 Agustus 2013 | 16.55

Harga daging sapi hingga usai Idul Fitri tak kunjung turun, masih setinggi langit. Keyakinan pemerintah bahwa harga akan turun saat Lebaran jauh dari kenyataan.

Padahal, pemerintah sudah menggunakan pendekatan impor untuk menstabilkan harga daging sapi.

Pada kenyataannya, upaya tersebut belum berhasil menurunkan harga daging yang saat ini masih di atas Rp 90.000-100.000. Menteri Pertanian Suswono pun angkat bicara. Dia tidak bertanggung jawab atas tingginya harga daging sapi.

Bahkan dia mengaku sebagai salah satu pihak yang kecewa karena harga daging tak kunjung turun. "Pokoknya saya kecewa harga (daging) kemarin tidak turun," ucap Suswono ketika ditemui di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (13/8).

Suswono yang terburu-buru tidak menjelaskan alasannya kekecewaannya. Dia hanya berharap harga daging segera turun. "Kita harapkan cepat turun, saya buru-buru," ucap Suswono tanpa menjelaskan langkah kebijakan yang akan dilakukan pemerintah.

Di tempat yang sama, Menko Perekonomian Hatta Rajasa juga tidak berkomentar panjang mengenai tingginya harga daging. Hatta hanya akan segera meminta Kementerian Perdagangan untuk mengecek supply daging.

"Harusnya sih harga daging turun, justru saya sedang meminta Kemendag mengecek suplai. Intinya saya minta turunkan," ucap Hatta.

Hatta juga akan meminta KPPU mengecek pengimporan daging sapi pada importir yang telah memperoleh izin impor. "Daging yang sudah diberikan izin kemendag untuk impor, sapi yang siap potong kok malah tidak cukup. Ada supply sedikit sedikit ditahan. KPPU akan menyelidiki," tutupnya.

Kekecewaan Suswono karena tingginya harga daging, menyindir siapa? Jika dilihat tugas dan wewenangnya, yang paling bertanggung jawab atas stabilitas harga daging di pasaran adalah Menteri Perdagangan Gita Wirjawan.

Polemik mengenai impor daging dan harga daging sapi membuat dua menteri ini kerap saling berbeda pendapat dan tak kompak. Di saat Suswono berteriak keras soal harga daging yang tak kunjung turun, Gita justru menampiknya.

Gita mengklaim harga daging sapi saat ini sudah mengalami penurunan di sejumlah daerah. Gita mengklaim penurunan harga tersebut disebabkan karena adanya impor sapi besar-besaran yang dilakukan pemerintah untuk menstabilisasi harga daging sapi di pasaran.

"Soal harga daging ada beberapa tempat yang masih tinggi tapi kita pantau terus secara umum sudah turun sampai hari H-3 lebaran," ujar Gita beberapa waktu lalu. [SuaraMerdeka]
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Kiprah Kader PKS

Arsip lain Kategori ini »

KOLOM OPINI

Arsip lain Kategori ini »

KOLOM INSPIRASI

Arsip lain Kategori ini »

KUMPULAN KULTWEET

Arsip lain Kategori ini »
Published by : PKS Dau ~ Indonesia
Copyright © 2013. PKS Dau ~ Indonesia - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger