Home » , » Mulai Terjadi Bentrokan antara Pendukung dan Penentang Mursi di Kairo

Mulai Terjadi Bentrokan antara Pendukung dan Penentang Mursi di Kairo

Dipublikasikan Oleh PKS Dau pada Rabu, 14 Agustus 2013 | 06.35

Penentang presiden Mursi melempar bom molotov
ke arah para pendukung Mursi. 
KAIRO - Para pendukung dan penentang presiden terguling Muhammad Mursi bentrok di jalan-jalan di pusat kota Kairo pada Selasa (13/8). Mereka saling melempar batu sementara polisi melepaskan gas air mata.

Kekerasan itu meletus ketika satu proposal yang diajukan Al Azhar, otoritas keagamaan terkemuka di Mesir, untuk merujukkan kelompok-kelompok yang bertikai dalam krisis politik itu tampaknya mengalami kemajuan selangkah.

Ikhwanul Muslimin, organisasi asal Mursi menyatakan pihaknya siap berperan serta dalam pembicaraan sepanjang berada dalam kerangka yang benar. Tetapi bentrokan-bentrokan itu menunjukkan negara itu masih terbelah enam minggu setelah militer menggulingkan Moursi.

Lokasi-lokasi protes Ikhwanul Muslimin di Alun-alun Nahda dan sekitar masjid Rabaa al-Adawiya di Kairo merupakan fokus dari krisis itu. Para pendukung Mursi tetap mengadakan aksi mereka di balik penghalang-penghalang yang mereka bangun.

Sementara para pemimpin Mesir berdebat bagaimana menghentikan aksi duduk mereka di kedua lokasi itu. Kepolisian tampak belum menumpas aksi-aksi itu kendati peringatan-peringatan dikeluarkan pemerintah sementara yang didukung tentara supaya para pengunjuk rasa membubarkan diri atau meninggal lokasi-lokasi itu dengan damai.

Tetapi bentrokan-bentrokan pecah di Kairo tengah ketika para pendukung Mursi berpawai menuju gedung Kementerian Dalam Negeri dilempari batu dan bom molotov oleh penentang Mursi. Polisi justru menembakkan gas air mata ke arah para pengunjuk rasa pendukung Mursi. Kaum wanita dan anak-anak yang turut berunjuk rasa menyelamatkan diri dalam keadaan panik.

"Tak ada kemajuan dalam perundingan, satu-satunya cara ialah kembali. Moursi harus dikembalikan pada posisinya," kata Karim Ahmed, seorang mahasiswa, yang membawa foto Mursi.

Mursi berkuasa pada Juni 2012 setelah terpilih menjadi presiden pertama melalui pemilihan demokratis menyusul penggulingan orang kuat Hosni Mubarak dalam pergolakan rakyat tahun sebelumnya.

Tetapi ia dipandang gagal memperbaiki ekonomi Mesir dan mencemaskan warga negara itu karena usaha-usahanya memberlakukan pemerintahan Islam di negara sebagian besar berbangsa Arab itu. [ROL]
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Kiprah Kader PKS

Arsip lain Kategori ini »

KOLOM OPINI

Arsip lain Kategori ini »

KOLOM INSPIRASI

Arsip lain Kategori ini »

KUMPULAN KULTWEET

Arsip lain Kategori ini »
Published by : PKS Dau ~ Indonesia
Copyright © 2013. PKS Dau ~ Indonesia - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger