Home » » Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan Jatuh Pada Tanggal 10 Juli 2013

Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan Jatuh Pada Tanggal 10 Juli 2013

Dipublikasikan Oleh PKS Dau pada Senin, 08 Juli 2013 | 22.00

JAKARTA - Pemerintah secara resmi menetapkan 1 Ramadan 1434 Hijriah pada hari Rabu, 10 Juli 2013. Keputusan ini diambil setelah Kementerian Agama melakukan sidang Isbat dengan 16 Ormas Islam dan perwakilan dari beberapa negara tetangga.

"Atas masukan dan hasil hisab, maka pemerintah menetapkan 1 Ramadan 1434 Hijriah jatuh pada hari Rabu 10 Juli 2013," ujar Menteri Agama Suryadharma Ali dalam sidang Isbat di Kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Senin (8/7/2013).

Menteri Agama mengemukakan, perbedaan awal bulan Ramadhan mungkin saja terjadi. Namun ia mengingatkan, ketika pemerintah sudah memutuskan dan menetapkan, hendaknya semua pihak patuh pada hasil keputusan itu.

“Jadi perbedaan itu sebetulnya tidak bisa dihindari, tetapi manakala pemerintah sudah memutuskan dan menetapkan, hendaknya semua pihak patuh pada hasil keputusan itu,” katanya.

Keputusan ini diambil setelah Kemenag berdasarkan hasil laporan 36 orang pemantau hilal dari Badan Hisab yang tersebar di 33 provinsi, di seluruh Indonesia.

Dari hasil laporan itu, hampir seluruhnya menyatakan bahwa posisi hilal masih berada di nol derajat 38 menit.

"Pada hari Senin 8 Juli 2013, berdasarkan pemantauan badan hisab yang terdiri dari 33 orang di 33 provinsi tidak melihat hilal," ujar Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama Muchtar Ali.

Sementara itu, tanggal 4 Juli 2013 usai acara penyaluran dana kebajikan kepada mitra amal dan sosial di Jakarta, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Din Syamsuddin menyampaikan bahwa Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadhan jatuh pada tanggal 9 Juli. Menurut Din, Muhammadiyah menentukan awal Ramadhan menggunakan pendekatan hisab hakiki peredaran bulan, Bumi dan matahari.

"Sesuai dengan pendekatan yang ditempuh Muhammadiyah dari dulu hingga sekarang, kita mulai puasa hari tanggal 9 Juli 2013".

Berdasarkan ilmu falaq, dia menjelaskan, hilal Ramadhan sudah ada karena matahari, Bumi dan bulan berada pada garis lurus tanggal 8 Juli pukul 02.00 lewat sekian menit.

Terkait adanya perbedaan atas penetapan 1 Ramadhan ini, hendaknya jangan sampai menimbulkan perpecahan di kalangan Ummat Islam.

_____________
*Dikutip dari berbagi sumber dan siaran langsung Isbat Ramadhan via televisi
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Kiprah Kader PKS

Arsip lain Kategori ini »

KOLOM OPINI

Arsip lain Kategori ini »

KOLOM INSPIRASI

Arsip lain Kategori ini »

KUMPULAN KULTWEET

Arsip lain Kategori ini »
Published by : PKS Dau ~ Indonesia
Copyright © 2013. PKS Dau ~ Indonesia - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger