Home » » Muslimah AS Pertama Jadi Anggota Dewan Mahasiswa Universitas California

Muslimah AS Pertama Jadi Anggota Dewan Mahasiswa Universitas California

Dipublikasikan Oleh PKS Dau pada Selasa, 23 Juli 2013 | 18.33

University of California (UC) menunjuk seorang perempuan Muslim Amerika sebagai Anggota Dewan Mahasiswa, Rabu (17/7), sebuah langkah yang ditentang oleh kelompok-kelompok Yahudi yang keberatan dengan aktivis pro-Palestina.

Sadia Saifuddin (21) yang besar dalam ajang bergengsi kesejahteraan sosial University of California di Berkeley, akan menjadi anggota Dewan Mahasiswa Muslim pertama dari 26 orang Dewan Mahasiswa untuk masa jabatan selama satu tahun mulai 2014.

Kelompok Yahudi yang termasuk menonjol, Simon Wiesenthal Center, sangat keberatan dengan pencalonan dirinya, mengutip keterlibatannya dalam kampanye untuk melepaskan dana universitas dari perusahaan yang memiliki hubungan bisnis dengan militer Israel.

Mereka juga keberatan kepadanya karena mensponsori resolusi senat mahasiswa yang mengutuk dosen di sistem kampus Santa Cruz untuk beberapa resolusi yang ia katakan sebagai retorika Islamophobia. Kelompok-kelompok itu mengatakan Saifuddin menunjukkan intoleransi terhadap sudut pandang lawan.

“Seorang kandidat Muslim yang sesuai dengan kemampuan bisa disajikan dalam posisi ini. Kami tidak percaya Sadia adalah calon yang tepat,” kata Rabbi Aron Hierof dari Wiesenthal Center.

Terlepas pihak oposisi, 25 dewan mahasiswa universitas pada Rabu mengkonfirmasi janji dengan salah satu anggota, Richard Blum, yang abstain dari pemungutan suara. Dia mengutip kekhawatiran tentang upaya pembebasan Saifuddin itu.

“Saya sudah tak diberkati, dan saya sangat bersemangat untuk posisi ini,” kata Saifuddin setelah pemungutan suara, mengenakan jilbab bunga dan berseri-seri saat ia berjalan melalui kerumunan yang sebagian besar mendukungnya untuk menerima kursinya.

Dalam pidato penerimaan, Saifuddin mengatakan ia berharap untuk membuat sistem universitas yang bisa diakses lebih oleh para siswa. Namun kemudian, ia tidak bisa dihubungi untuk mengomentari kontroversi seputar pencalonan dirinya.

Pendukung Saifuddin mengatakan dia adalah seorang mahasiswa teladan yang peduli tentang siswa dari semua agama dan telah bekerja untuk manfaat sistem sebagai senator dalam Asosiasi Mahasiswa dari University of California dan anggota dari Asosiasi Mahasiswa Muslim.

“Sadia adalah seorang wanita muda yang luar biasa. Ia berkomitmen untuk mendukung semua siswa UC, dan universitas ini dan negara ini yang ia cintai,” kata Bonnie Reiss, yang memimpin panitia seleksi Dewan Mahasiswa.

Reiss, yang Yahudi, kata komite itu tidak akan memilih Saifuddin menjadi Dewan Mahasiswa jika mereka pikir dia adalah anti-Semit.

Jurubicara Dewan Hubungan Amerika-Islam (Council on American-Islamic Relations/CAIR) Ibrahim Hooper mengatakan bahwa lawan yang tidak setuju dengan politik Saifuddin yang ingin adil, mengecualikan dia dari partisipasi masyarakat.

“Setiap kali seorang Muslim Amerika naik ke posisi menonjol, atau mulai naik, minoritas kecil ‘Islamofobia‘ dalam masyarakat kita masuk ke dalam tindakan dan berusaha untuk meminggirkan dan mencabut hak individu itu,” kata Hooper.

______________
Sumber: Fimadani
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Kiprah Kader PKS

Arsip lain Kategori ini »

KOLOM OPINI

Arsip lain Kategori ini »

KOLOM INSPIRASI

Arsip lain Kategori ini »

KUMPULAN KULTWEET

Arsip lain Kategori ini »
Published by : PKS Dau ~ Indonesia
Copyright © 2013. PKS Dau ~ Indonesia - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger