Home » » Muhammad Mursi Dikudeta, 80 Persen Terowongan Gaza Ditutup

Muhammad Mursi Dikudeta, 80 Persen Terowongan Gaza Ditutup

Dipublikasikan Oleh PKS Dau pada Kamis, 25 Juli 2013 | 04.27

Sekitar 80 persen terowongan yang digunakan untuk menyelundupkan barang dan senjata dari Mesir menuju Jalur Gaza tidak lagi berfungsi karena ditutup oleh pihak militer Mesir setelah peristiwa Presiden Muhammad Mursi dikudeta.

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh utusan perdamaian PBB untuk Timur Tengah Robert Serry saat bertemu dengan Dewan Keamanan, Selasa (23/7).

Serry mengatakan bahwa akibat penutupan terowongan-terowongan, Jalur Gaza saat ini “mengalami kekurangan bahan bakar dan bahan dasar bangunan yang serius.”

“Terowongan tersebut adalah jalur utama perdagangan masyarakat Jalur Gaza karena adanya larangan impor melalui jalur resmi,” kata Serry seperti dikutip ANTARA News dari Reuters.

Pencarian lokasi terowongan semakin dipercepat setelah pihak militer Mesir mengkudeta presiden Muhammad Mursi pada awal bulan Juli ini.

“Sebagai hasil dari pencarian lokasi terowongan tersembunyi yang ilegal tersebut, sekitar 80 persen dari terowongan-terowongan yang ada kini tidak lagi berfungsi,” kata Serry.

Serry juga mengusulkan agar akses legal perdagangan ke Gaza segera dibuka. “Jika akses legal perdagangan komoditas utama ke Gaza tidak segera dibuka, maka kami khawatir kondisi di daerah tersebut akan semakin memburuk,” kata Serry.

Israel sampai saat ini masih menerapkan aturan ketat untuk segala macam impor ke Gaza dengan tujuan mencegah HAMAS mendapatkan pasokan senjata. Selain itu di bawah kesepakatan internasional, Gaza juga tidak dapat mendatangkan barang dagangan melalui Mesir.

_________________
Sumber: AntaraNews
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Kiprah Kader PKS

Arsip lain Kategori ini »

KOLOM OPINI

Arsip lain Kategori ini »

KOLOM INSPIRASI

Arsip lain Kategori ini »

KUMPULAN KULTWEET

Arsip lain Kategori ini »
Published by : PKS Dau ~ Indonesia
Copyright © 2013. PKS Dau ~ Indonesia - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger