Home » » KPK Melanggar Hukum Saat Tangkap Luthfi Hasan Ishaaq

KPK Melanggar Hukum Saat Tangkap Luthfi Hasan Ishaaq

Dipublikasikan Oleh PKS Dau pada Rabu, 03 Juli 2013 | 06.02

Jakarta - Petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dinilai telah melanggar hukum saat menangkap Luthfi Hasan Ishaaq yang saat itu masih menjadi presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada 30 Januari 2013 di kantor DPP partai ini di Jalan TB Simatupang.

Penasihat hukum Luthfi, M Assegaf dalam eksepsinya mempertanyakan sikap KPK yang menyatakan bahwa Luthfi ditangkap tangan melakukan penerimaan suap terkait pengurusan kuota impor daging sapi. Padahal, tangkap tangan sesuai Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana adalah ketika seseorang melakukan tindak pidana.

"Padahal terdakwa ditangkap di Kantor DPP PKS atas surat penangkapan. Sehingga tidak masuk akal diklaim KPK operasi tangkap tangan," kata Assegaf dalam eksepsinya di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (1/7/2013).

Menurut Assegaf, penangkapan Luthfi sangat diskriminatif. Sebab, tidak ada barang bukti penyerahan uang suap dari Ahmad Fathanah. Terlebih Fathanah ditangkap di tempat terpisah oleh KPK saat membawa uang Rp1 miliar dari PT Indoguna Utama.

Assegaf juga menilai KPK telah arogansi dan mencederai hak terdakwa yang berhak didampingi seorang pengacara saat menjalani pemeriksaan. Terlebih pemeriksaan awal itu merupakan hal yang penting bagi seorang yang berurusan dengan lembaga penegak hukum.

"Saat penangkapan seseorang PH (penasihat hukum) terdakwa, Zainuddin Paru atas permintaan terdakwa ikut serta mendampingi. Namun petugas KPK melarang hanya karena belum ada surat kuasa dari terdakwa. Padahal kuasa telah diberikan terdakwa secara lisan di hadapan petugas KPK," kata Assegaf.

____________
*http://nasional.inilah.com/read/detail/2005522/kpk-melanggar-hukum-saat-tangkap-luthfi-pks#.UdNbUTs5l08
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Kiprah Kader PKS

Arsip lain Kategori ini »

KOLOM OPINI

Arsip lain Kategori ini »

KOLOM INSPIRASI

Arsip lain Kategori ini »

KUMPULAN KULTWEET

Arsip lain Kategori ini »
Published by : PKS Dau ~ Indonesia
Copyright © 2013. PKS Dau ~ Indonesia - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger