Home » » Hari Ini, Jutaan Rakyat Mesir Pro-Mursi akan Gelar Pawai Menentang Kudeta

Hari Ini, Jutaan Rakyat Mesir Pro-Mursi akan Gelar Pawai Menentang Kudeta

Dipublikasikan Oleh PKS Dau pada Selasa, 30 Juli 2013 | 03.22

KAIRO - Para pengunjuk rasa yang setia kepada presiden terguling Muhammad Mursi menyerukan "pawai sejuta orang" pada Selasa untuk menentang penggulingannya.

Mereka juga mengimbau para pengunjuk rasa untuk berpawai ke "kantor-kantor otoritas keamanan" di seluruh Mesir pada Senin malam memprotes kematian 72 orang pada arak-arakan Sabtu.

"Kami ... menyerukan pawai sejuta orang di bawah bendera "Syahid Kudeta" pada Selasa," kata Aliansi Anti Kudeta yang beranggota kelompok-kelompok Islamis dan penyelenggara aksi protes dalam satu pernyataan.

Kelompok itu mendesak rakyat Mesir "untuk turun ke jalan-jalan dan alun-alun guna memperoleh kembali kebebasan dan martabat -- yang dirampas kudeta berdarah -- dan demi hak-hak para syuhada yang dibunuh oleh peluru-pelurunya."

Para pengunjuk rasa juga diserukan untuk berpawai ke gedung-gedung keamanan di provinsi-provinsi di seluruh negeri pada Senin malam "untuk mengutuk tindakan jahat dan penembakan dengan peluru tajam oleh pasukan Kementerian Dalam Negeri terhadap para pengunjuk rasa damai."

Seruan-seruan protes itu muncul setelah sedikitnya 72 orang meninggal ketika mereka mengadakan aksi duduk-duduk mendukung Moursi pada Sabtu pagi.

Para pendukung Moursi menuding pasukan keamanan menggunakan peluruh tajam terhadap para pemerotes tak bersenjata tetapi Kementerian Dalam Negeri Mesir mengatakan mereka hanya menggunakan gas air mata.

Perpecahan di Mesir berkembang sejak penggulingan Mursi oleh tentara setelah protes masif yang memprotes presiden itu. (ROL)
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Kiprah Kader PKS

Arsip lain Kategori ini »

KOLOM OPINI

Arsip lain Kategori ini »

KOLOM INSPIRASI

Arsip lain Kategori ini »

KUMPULAN KULTWEET

Arsip lain Kategori ini »
Published by : PKS Dau ~ Indonesia
Copyright © 2013. PKS Dau ~ Indonesia - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger