Home » » Polri Harus Ubah Perkap Pemakaian Jilbab

Polri Harus Ubah Perkap Pemakaian Jilbab

Dipublikasikan Oleh PKS Dau pada Minggu, 16 Juni 2013 | 18.51

Jakarta - Kompolnas berharap pimpinan Polri segera menyusun aturan untuk Polisi Wanita (Polwan) yang mau menggunakan jilbab dalam bertugas.

Hal ini terkait pada tahun 2009 pada Surat Keputusan Kapolri No Pol: Skep/702/IX/2005 yang 'melarang' Polwan berjilbab. Bahkan konsekuensi tegas pun sudah menanti Polwan yang mau berjilbab. Pilih pensiun dini atau diberhentikan dari kesatuan.

"Untuk masalah jilbab anggota polri terikat pada Perkap jadi mau tidak mau mereka harus mematuhi aturan penggunaan uniform tersebut,. Kompolnas berharap pimpinan Polri segera menyusun aturan untuk polwan yang menginginkan menggunakan kelengkapan jilbab,"ucap anggota Kompolnas, Hamidah kepada INILAH.COM, Jakarta, Minggu (16/6/2013).

Hamidah melanjutkan, namun jika pimpinan Kapolri sudah merubah Perkap soal pemakaian jilbab, harus ada jaminan bahwa Polwan yang memilih gunakan jilbab tidak dianggap melanggar disiplin. "Atau sampai di kucilkan apalagi sampai tidak boleh duduk dalam jabatan tertentu," tandasnya.

Sebelumnya Kadiv Humas Polri, Brigjen Ronny Frengky Sompie mengatakan terkait pemakaian jilbab, sudah diatur dalam Surat Keputusan (SK) Kapolri No Pol: Skep/702/IX/2005, yang mengatur tentang seragam, dan hanya Polwan yang bertugas di Aceh saja yang diwajibkan mengenakan jilbab.

Ronny mengatakan, saat awal masuk ke institusi Polri, seorang Polwan sudah tahu ketentuan berseragam di Korps Bhayangkara. Ia juga mengatakan dalam SK Kapolri yang mengatur tentang seragam, tidak tertulis larangan berjilbab.

Ia juga mengatakan, polisi terbuka dengan perkembangan yang ada di masyarakat saat ini. Aturan itu dapat diubah suatu waktu tergantung keputusan pimpinan "Mungkin nanti dibicarakan setelah ada perkembangan. Tergantung bagaimana pimpinan mengatur hal ini. Polisi kan bukan lahir sekarang, tapi sejak dulu," tandasnya. (ROL)
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Kiprah Kader PKS

Arsip lain Kategori ini »

KOLOM OPINI

Arsip lain Kategori ini »

KOLOM INSPIRASI

Arsip lain Kategori ini »

KUMPULAN KULTWEET

Arsip lain Kategori ini »
Published by : PKS Dau ~ Indonesia
Copyright © 2013. PKS Dau ~ Indonesia - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger