Home » » Kalah dari PKS di Pilwalkot Bandung, Timses Demokrat Ngamuk di Pleno KPU

Kalah dari PKS di Pilwalkot Bandung, Timses Demokrat Ngamuk di Pleno KPU

Dipublikasikan Oleh PKS Dau pada Jumat, 28 Juni 2013 | 22.04

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung menetapkan pasangan Ridwan Kamil-Oded M Danial (RIDO) sebagai Calon Wali Kota-Calon Wakil Wali Kota Bandung terpilih 2013-2018.  Penetapan itu setelah pasangan yang diusung PKS-Partai Gerindra ini meraih 45,24 persen suara sehingga menang satu putaran karena memenuhi syarat lebih dari 30 persen.

Hasil tersebut terungkap usai penyampaian hasil suara di 30 PPK pada Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Bandung 2013 di Bandung Convention Center (BCC) Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung, Jumat (28/6/2013). KPU menetapkan pasangan RIDO usai berita acara dibacakan Sekretaris KPU Kota Bandung Agus Priyono.

"RIDO meraih 434.130 suara atau 45,24 persen dari seluruh perolehan suara kandidat sebanyak 959.715. Artinya telah memenuhi lebih dari 30 persen suara sah. Karena itu, pasangan RIDO ditetapkan sebagai Calon Wali Kota-Calon Wakil Wali Kota terpilih 2013-2018," tuturnya.

Usai pembacaan itu, Ketua KPU Kota Bandung Apipudin mengetuk palu pertanda rapat pleno menyatakan RIDO sebagai pemenang Pilwalkot Bandung 2013. 

Namun, seperti diberitakan merdeka.com, saat melakukan pembacaan berita acara yang dilakukan Ketua KPU Kota Bandung Apipudin, salah seorang tim kampanye dari pasangan nomor urut satu yang diusung Partai Demokrat (Edi Siswadi-Erwan Setiawan) tiba-tiba mengamuk dan menyatakan keberatan atas hasil Pilwalkot Bandung 2013.

Pria bernama Iwan Suhermawan itu berteriak dan menentang apa yang disampaikan Ketua KPU Apipudin. Karena waktu terpotong dengan ibadah Shalat Jumat, Apipudin pun meminta menunda rapat.

Namun Iwan yang mengatasnamakan enam kandidat terus menginterupsi rapat pleno dan berkukuh menolak. "Saya menolak hasil Pilwalkot Bandung dan ini berasal dari enam pasang kandidat," katanya yang berada di barisan depan kursi saksi.

Mendengar interupsi Iwan, Ketua KPU menjawab, "silakan kalau ada keberatan, nanti saya beri kesempatan."

Berikut hasil lengkap Pilwalkot Bandung yang diikuti 8 pasangan:

1.  Edi Siswadi-Erwan Setiawan    (17,6%)
2.  Wahyudin-Toni Aprilani    (8,31%)
3.  Wawan Dewanta-Sayogo    (1,87%)
4.  M.Ridwan Kamil-Oded M. Danial    (45,24%) 
5.  Ayi Vivananda-Nani Suryani    (15,16%)
6.  M.Qudrat Iswara-Asep Dedy Ruyadi    (7,67%)
7.  Budi Setiawan-Rizal Firdaus    (2,72%)
8.  Bambang Setiadi-Alex Tahsin    (1,37%) 

Menurut rencana, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung terpilih akan dilantik pada 16 September 2013 mendatang. (TribunNews)
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Kiprah Kader PKS

Arsip lain Kategori ini »

KOLOM OPINI

Arsip lain Kategori ini »

KOLOM INSPIRASI

Arsip lain Kategori ini »

KUMPULAN KULTWEET

Arsip lain Kategori ini »
Published by : PKS Dau ~ Indonesia
Copyright © 2013. PKS Dau ~ Indonesia - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger