Home » » Harmoni Kerja Caleg PKS Kabupaten Sleman

Harmoni Kerja Caleg PKS Kabupaten Sleman

Dipublikasikan Oleh PKS Dau pada Minggu, 16 Juni 2013 | 20.13

Sleman, 16 Juni 2013. Pagi minggu yang cerah ada nuansa yang berbeda di Balai Desa Sidoarum. Berbagai property Partai Keadilan Sejahtera (PKS) terpasang di sekitar lingkungan Balai Desa Sidoarum. Ya pagi itu DPC PKS Kecamatan Godean sedang punya hajatan. Hari itu DPC PKS Kecamatan Godean sedang mengadakan Liqoh Tansiqi Tarbawi 3 Besar. Pelaksanaan Liqoh Tansiqi Tarbawi 3 Besar ini akan dimulai dengan sepeda santai dan diakhiri dengan pengundian doorprize.

Pemasangan atribut partai tentu hal yang biasa bagi sebuah partai politik. Akan tetapi ada satu atribut partai yang berbeda dan menarik bagi saya untuk mengangkat dalam tulisan ini. Atribut tersebut berupa spanduk yang berisi gambar nama-nama Caleg dari PKS dari Dapil 6 Kabupaten Sleman.

Mengapa ini menarik karena seperti kita ketahui pada pemilu 2014 sebagaimana pemilu sebelumnya masyarakat nantinya tidak hanya memilih tanda gambar, akan tetapi memilih gambar caleg. Pera pengamat banyak yang mengemukakan bahwa ini akan menimbulkan persaingan internal didalam partai. Pendapat tersebut bukan bualan semata karena fakta di lapangan banyak para Caleg yang saling berebut dengan sesama temannya, yang seringkali juga menimbulkan friksi di internal partai tersebut.

Persaingan sesama Caleg ini diperkirakan akan semakin besar pada pelaksanaan pemilu 2014, mengapa karena pada pemilu 2014 ada sedikit perbedaan dengan pemilu-pemilu sebelumnya. Kalau pada pemilu sebelumnya nomor urut caleg akan sangat menentukan, ketika dari semua caleg dari sebuah partai tidak memenuhi kuota kursi, maka yang caleg yang jadi adalah caleg yang ada pada nomor Urut pertama.

Hal ini berbeda dengan pemilu 2014, nomor urut tidak banyak menentukan, karena yang dipilih adalah caleg yang mempunyai suara terbanyak, meski semua caleg yang ada tidak memenuhi kuota. Sistem inilah yang diprediksi akan banyak menimbulkan persaingan internal.

Akan tetapi pendapat tersebut terbantahkan oleh PKS di Dapil 6 Kabupaten Sleman (Yang lain saya yakin juga Iya). Spanduk yang memuat semua foto caleg memperlihatkan tidak adanya persaingan antar Caleg di PKS. Dan memang itu yang sebetulnya terjadi bagi PKS tidak perlu terjadi persaingan antar caleg. Semua Caleg harus saling bekerjasama dalam memenangkan partai Dakwah ini. Bagi PKS menjadi Caleg memang bukan tujuan dari seorang Kader.

Menjadi Caleg adalah merupakan amanah dalam menjalankan dan memperluas cakupan dakwah. Dakwah bagi PKS tidak hanya menyentuh pada persoalan pribadi, Dakwah bagi PKS harus menyentuh pada level pribadi, keluarga, masyarakat dan Negara.

Kesadaran ini telah terbangun pada semua kader. Oleh karena itu menjadi Caleg adalah bagian dari bagaimana PKS dapat berkiprah dalam Negara. Menjadi Caleg adalah penugasan jama’ah agar ada seorang kader yang fokus dalam berdakwah pada level Negara. Makannya semua kader akan saling bahu membahu untuk mendukung tercapainya kewajiban besar tersebut. Itulah salah satu wujud Harmonisasi Kader-Kader PKS. (PKS Sleman)
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Kiprah Kader PKS

Arsip lain Kategori ini »

KOLOM OPINI

Arsip lain Kategori ini »

KOLOM INSPIRASI

Arsip lain Kategori ini »

KUMPULAN KULTWEET

Arsip lain Kategori ini »
Published by : PKS Dau ~ Indonesia
Copyright © 2013. PKS Dau ~ Indonesia - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger